Johor - Singapore via Jalur Darat dengan Sewa / Rental Mobil

Johor Bahru - Singapore | Second Day

Johor Bahru - Singapore
Pagi hari di Johor Bahru
Okeh, aku akan bahas perjalanan dari Johor ke Singapore naik apa, mulai dari cari travel ke Singapore, proses imigrasi di Singapore, dan wisata Singapore.

Jadi pagi hari di Johor Bahru, sekitar jam tujuh pagi masih disibukkan mencari kartu sim guys, kenapa? Karena kami mau call travel yang bisa bawa tour ke Singapore. Sayangnya pertama Kali sampai di bandara kemaren belum terfikir belii kartu guys,
Jadi kalo kamu baca blog aku kemaren Kuala Lumpur - Singapore Backpacking Murah 2 Jutaan! Siapa Takut? hingga tadi malam dihotel pas mau call itu yg empunya travel barulah sibuk cari sim card. Tadi malam udah jauh jalan sekitaran hotel gak nemu, eh pas lewat tempat makan gitu, langsung mata tertuju kesana guys soalnya rame banget padahal udah hampir jam 12 malam.

Kebetulan didalam ada ngeliat cici" chinese (kalau orang indo menyebutnya ya ✌) lagi berdiri depan steling kaca, eh ternyata dia jual kartu (senengnya bukan main) jadi deh ni call travel n cuss  kesingapore yeyeye

Dengan bahasa pas2san kami saling komunikasi, nanya kartu buat call, buat internet. Sedikit miss communication guys, dianya bisa  bahasa setengah2, melayu, inggris, dan chinese. Aku nya dibuat pusing hahaha

Setelah sepakat dan mau beli itu kartu, jadi mau dia daftarkan ke hp. Eh dianya nyebut IC terus, aku kan gak paham ya guys, sampai agak emosi gitu dianya,, udah gitu dia keluarkan dari dompet seperti menunjukkan ini lo IC tuuu.. Oh my god ternyata KTP guys, malah ketinggalan di hotel lagi, apalagi si "cici" ini mau tutup katanya. . yaudah deh hilangkan niat beli kartu malam itu.

Lanjut pagi hari masih keliling hotel cari kartu, ada toko yang udah buka ada yang belum. Kebetulan lagi pengen masuk ke mini market gitu, eh ternyata didalam ada jual kartu internet plus pulsa, jadi kami beli itu guys.. Harganya sekitar 90ribu kalau dirupiahin.
Sim card kartu internet Malaysia Kuala lumpur
U mobile sim card
Setelah dapat sim card kami pun cari sarapan disepanjang ruko2 ini. Gak jauh dari ruko ini ada tempat makan India gitu guys, tapi halal kok. So kami sarapan disitu sembari call si travel.
Kami pesan canai plus teh O (teh manis) dengan harga 5RM makan dan 2RM minum /orang ya guys.

Lanjut call travel, darimana tau no travelnya? Tadi malam pas naik taxi ke hotel, kami minta sama supirnya no travel yang bisa bawa tour Singapore.
Sebenarnya kami udah ada travel cadangan sih guys, sewaktu masih di Indonesia kami udah ada call travel. Tapi mahal guys, belum nego sih kami cuma bilang ntar kalo jadi dihubungi lagi pas udah di Johor.

Rencana awal sesampainya di Johor kami langsung call travel biar besok pagi buta udah cuss ke Singapore. Eh pas eksekusi diluar dugaan guys hihi

Udah jam 10 pagi setelah call no travel yang udah dikasih supir taxi kemaren kami pun dapat harga kesepakatan, dan langsung balik ke hotel menunggu konfirmasi dan tinggal dijemput si travel.

Nunggu, nunggu, menunggu..
Eh si travel call Balik, dan bilang gak bisa karena udah ada yang booking. Yaaah kecewa sih guys, terancam gak jadi ke Singapore 😞

Harapan satu2nya kami call lagi travel cadangan, mungkin emang rezeki dia Kali ya guys, akhirnya kami cuss ke Singapore yeyeyeye

Supirnya baik, orang India pakai bahasa melayu, dia pick up kami, antar jemput ketempat wisata yang kami mau. Emang agak mahal guys kalo naik travel gini, 2jutaan sehari tour. Sebenarnya dari Johor ke Singapore bisa naik bus guys, naiknya dari JB Larkin harganya kalo tak salah 15ribu/orang. Murah kan guys? Apalagi pas di Singapore nanti banyak kendaraan umum seperi MRT yang memudahkan wisatawan disana. Pastinya bisa low budget buat kamu yang mau backpacking murah bareng teman2 guys. Berhubung aku bareng keluarga n waktu yang gak memungkinkan jadi gak bisa pakai cara itu guys. Mungkin ntar aku coba pas traveling bareng teman ataupun suami kali ya ✌

Imigrasi Malaysia - Singapore

Diperjalanan dari hotel gak kerasa 15 menit udah nyampai aja di imigrasi Malaysia guys. Imigrasi darat asik guys, kami hanya didalam mobil cuma cek passport seperti jalan tol gitu abistu lewat aja.

Btw sebelum masuk imigrasi, selama diperjalanan tadi supir travelnya udah kasih borang form pengisian data diri gitu guys, untuk memudahkan kami pas di Imigrasi Singapore nanti.

Okeh lewat imigrasi Malaysia masuklah ke Imigrasi Singapore. Buat yang mobil pribadi emang seperti jalan tol aja guys sekali lewat, tapi buat yang naik bus sepertinya penumpangnya pada turun imigrasi di office, dan setelah lewat imigrasi Singapore naik lagi ke bus yang berbeda, bukan bus yang tadi lagi guys, sepertinya bus yang tadi antar samapai diperbatasan aja, enggak masuk Singapore.

Okeh pas kami masuk di Imigrasi Singapore sedikit ada masalah guys. Kami gak dibiarin lewat gitu aja. Pas petugas cek passport kami, tiba2 ada police yang datang dan membawa kami ke office guys.

Supir travel bilang itu biasa. Mungkin karena di passport pertama kali ke Singapore, jadi masuk sleksi dulu Kali ya, ga dibiarin lewat gitu aja.

Sesampainya di office, deg deg serr juga guys. Ternyata didalam ramai orang2 yang masuk kategori " penyaringan " guys hehe

Memang banyak yang bilang imigrasi Singapore ketat banget guys. Segalanya kamu harus jelas yaa berapa hari disana, ticket pulang dan lainnya. Mungkin mereka mau mengantisipasi teroris kali yak ato gak antisipasi imigran gelap yang bakalan mau menetap lama disana hehe

Aku sih ngeliat didalam rata2 lelaki berjanggut dan wanita yang berhijab besar, ada juga beberapa orang Thailand dan bule2 cakep sih. Ada yang gak lolos penyaringan dan disuruh balik Malaysia guys, kasian banget. Maybe dia ada blacklist di Singapore gatau juga.

Masuklah giliran kami dipanggil guys, dengan gaya sok2 santai hehe kami pun ditanya apa tujuan kemari, berapa lama, penginapan gimana dan bla bla bla

Tips, tunjukin semua ticket pergi pulang, check in hotel, DLL. Walaupun gak nginap di Singapore seperti kami guys, yang malam langsung balik. So akhirnya kami lolos dan cuss masuk Singapore guysss yeyeye

Sentosa Island

Tujuan wisata pertama kami ke Sentosa Island. Rasanya disini pusat wisata guys, ada universal studio, madame thousand, dan banyak pantai disini.

sentosa island singapore
Pintu Masuk

Jadi pertama kali masuk sini guys, terlihat banyak foodcourt yang memenuhi lantai dasar ini. harganya wow guys, dan pas ngeliat makanan nya juga aku gak ada yang tertarik guys, takut gak halal hehehe.
So kami lanjut naik keatas, kira2 udah mau jam 12an guys. Diatas kami ngeliat Universal Studio, gak lupa sempatin poto disini guys. Karena ini sudah terlalu mainstream, ntah kenap setiap orang yang kesini pasti poto depan Universal Studio ini.

sentosa Island , Singapore , Universal Studio
Universal Studio

Sebenarnya kurang menikmati guys, disini sudah terlalu ramai segala bentuk rupa dari berbagai negara ada rasanya. Mau poto aja berebutan sama yang lain, susah nyari backgrounnya untuk kosong hehe. Mungkin karena pas hari libur ya guys, kami kesini hari Minggu.

sentosa Island , Singapore
Monorail
Didalam luas banget guys, rasanya pengen ditelusuri semua jalan sampai ke ujung. Karena tempatnya instagramable banget buat kamu yang mau hunting photo. Berhubung luas banget, buat kamu yang gak sanggup jalan jauh ada monorail dan ada juga mobil2 wisata dengan bak terbuka untuk membawa penumpang didalam guys.

sentosa Island , Singapore , merlion park
Merlion Park

Sorry guys poto Merlion Park nya dibagian belakang ✌ Merlion Park di Singapore ada dua guys, satu yang di dekat Marina Bay, yang menjadi Icon Singapore dan satunya lagi di Sentosa Island ini guys. Sebenarnya gak ada niat poto guys, tapi lelah banget berjalan so stop n duduk disitu bentar hehe.

Hari semakin panas guys, sudah jam 12an lewat. Kami terus berjalan melihat keindahan sentosa Island ini tanpa tau tujuan perhentian kemana hehehe. Lapar dan haus sudah terasa guys, mau beli makanan banyak yang gak cocok sama orangtua guys. maklum mommy poppy gak suka makanan2 gaul 👅 So kami beli air mineral aja guys, harganya 3 SGD sekitar 30an ribu untuk Aqua yang ukuran sedang kalau di Indonesia guys... gile bener..

Setelah agak jauh perjalanan kami banyak ngeliat bule2 seksi kayak di Bali guys abis dari pantai. Ternyata jalan sedikit lagi udah sampai Siloso Beach. Berhubung beberapa dari kami udah gak kuat jalan lagi jadi mereka pada Stop. So aku dan kakak lanjut jalan, penasaran sama Siloso Beach. Taraaa....

Siloso Beach Singapore
Siloso Beach
Katanya pantai buatan guys. cuma bentar aja sih disini jeprat jepret langsung balik. Karena udh kelelahan dan lapar kami pun call travel untuk jemput dan cari makan diluar. Si Travel pun paling tau tempat makan enak, murah, plus halal di Singapore. Dan akhirnya kami dibawa ke Foodcourt Harbour Station kalau tak salah namanya ya guys. Disini banyak pilihan makanan, makanannya masih tergolong yang biasa dimakan. Ada soto, mie, nasi goreng, rendang. cocok banget buat makan siang kalau kata orang tua 👀

foodcourt Harbour Station singapore
Foodcourt
Disini rata2 halal dan terjangkau guys, yang jual orang Malaysia, India, Arab, Thailand juga ada. Aku sih pesan Soto dan Air Jeruk. Untuk harga rata-rata makan 2,5 SGD dan minum 1,5 SGD / orang. Untuk rasa jangan ditanya deh guys, belum ada yang menandingi cita rasa Indonesia ✋

Bugis Street

Bugis street singapore
Kalo kamu mau beli ole2 aku recommend banget tempat ini, dijamin murah. Harga udah dipampangkan tak perlu menawar. Pernak pernik, tas, dengan icon Singapore, kaos, topi lengkap disini guys.

Marina Bay

Sekitar jam 5 sore kami cuss ke marina bay dan merlion park. Tempat yang wajib dikunjungi kalo kamu ke Singapore guys

Marina bay merlion park singapore
Merlion Park

Ntah kenapa udah merasa mainstream aja guys berphoto disini. Tapi katanya belum ke Singapore kalo gak photo di patung yang melambangkan singapura ini guys ✌

Garden by The Bay

Ini nih tempat yang paling aku suka di Singapore. Amazing banget ini tempat guys. Jam 6 lewat kami udah stay disini. Ternyata udah ramai aja dipenuhi banyak orang. Maklum hari minggu weekend guys. Bener2 pemandangan taman yang menakjubkan disini.

Garden by the bay singapore

Malam cantik banget disini guys, ada pertunjukan musik plus lampu2 di pohonnya gitu. So kami tetap stay disini guys sampai malam.

Semakin malam semakin ramai guys, orang2 yang dari sore juga masih stay disini. Ada yang sambil tiduran dibawah pohon, ada yang seperti kami meleseh ✌

Sebenarnya kami berniat mau naik keatas guys, flower dome. Diatas ada taman bunga yang indah banget guys, cantik banget buat photo. Harga naik keatas 8 SGD. Tapi berhubung hari udah semakin gelap dan antrian super panjang banget untuk naik keatas so dibatalkan guys.

Garden by the bay singapore
Garden by the bay malam hari

Tepat jam 8 malam musik pun dihidupkan guys beserta show lampu kelap kelip. Waw banget,, bagi aku moment ini paling tak terlupakan di Singapore.

Selama pertunjukan berlangsung tak lupa kami mengisi perut yang mulai kelaparan guys.

Tepat jam 9 malam kami call travel dan cuss balik Johor Bahru. Balik ke hotel ambil barang dan langsung ke JB Larkin guys, beli ticket balik ke KL.

JB Larkin Johor bahru

Tak lupa di JB Larkin makan lagi ditempat yang kemaren, Nasi Briyani nama tempat makannya. Super recommended banget, enak jarang2 cocok dilidah, jadi kangen makan disini lagi 😁

Kenapa malam ini gak nginap hotel? Sengaja guys selain bisa low budget, menghemat waktu. Jadi kami habiskan waktu malam diperjalanan aja. Biar besok pagi udah bisa tour di KL👌

Kalau dibilang lelah, super lelah banget guys. Kaki lelah jalan seharian di Singapore n sekarang langsung cuss otw KL tepat jam 12 malam. Tapi gak apa guys,  kami bisa terlelap tidur di Bus. Bus nya nyaman, lapang. Kursi lebar 1/ orang bisa stel kaki selonjoran. So anggap aja selama perjalanan lagi tidur di hotel hehehe

Sekian perjalanan kami Johor - Singapore - Johor. Super sekali ditempuh dalam waktu sehari n langsung cuss KL ✌

Selanjutnya 👉 Third Day in Kuala Lumpur

1. Hi kak...btw.... Bs mnt contact travel ? 2jutaan itu 1day tour taxy dr johor keili g tempat wisata di singapore smp blk lg ke johor kah?
    Thx.

1. Hi.. maaf sayangnya HP aku kemaren rusak, jadi gak ke save lagi deh nomernya.. huhu
      Iya 2 juta udah full tour dan balik lagi 😊

2. Dari johor ke sentosa bisa ya naik mobil? Cara nya gimana?

1. Bisa. Kan ada jalur darat nya. Kemarin saya rental mobil pake travel dari Johor udah sekaligus full tour dibawa sampe ke sentosa 😊

3. Kak berapa jam dr johor ke kl y. .

1. Hi Aku berangkat jam 12an malam. Dan sekitar jam 4 udah nyampai di TBS (tempat pemberhentian bus) dari sinila baru kita bisa ke KL by taxi or MRT dll. Gak nyampe 1 jam sih menurut aku dari TBS ke KL.

4. hi sis, mau tnya itu rental mobil itu dengan driver? kalau misal tanpa driver apakah bisa semudah itu masuk? actually aku pgn ke Spore lgi tp rental mobil aja jd di sana nanti bisa kmn2 naik mobil engga transport umum. tru peraturan di spore sndiri gmn tu kalau pake mobil plat malaysia?

1. hi.. iya sis aku pakai driver, kalo mau coba nyetir sendiri dan udah menguasai denah lokasi tujuan boleh aja sih rental mobilnya aja.. :) cuma mungkin kamu dibawa keruang imigrasi ntar.. kalo sama drivernya kami udah disediakan form isi data untuk melewati imigrasinya.. selamat mencoba :)